[Review] MIUI ROM GLOBAL & CHINA

Your Ads Here

   Halo! Sudah lama tidak posting hehe. Ok, jadi kali ini saya ingin me-review tentang pengalaman saya menggunakan MIUI versi Global stabil&developer dan MIUI versi China developer. Untuk smartphonenya, saya menggunakan xiaomi seri Redmi 3S Prime. Dan mungkin review ini akan sedikit berbeda dengan smartphone xiaomi seri MI. Kita mulai darimana ya hmm...
Ok deh, kita mulai dari rom global stabil dulu ya, dimana rom ini adalah rom bawaan saat pertama kali saya membeli redmi 3s prime.

Global Stabil

Pertama kali, saya mendapatkan versi MIUI 7. Tapi, berjalannya waktu saya juga mendapatkan update sampai MIUI 8. Sedikit review dari MIUI 7 - 8 menurut saya rom ini adalah rom yang minim bug / cacat. Semua aplikasi bisa dijalankan dengan halus tanpa hambatan. Tapi ya gitu, isinya ya gitu-gitu aja.

Menurut saya, itu adalah hal yang sangat wajar. Bisa dilihat namanya saja global stabil dimana udah pasti sistemnya stabil dan minim bug / cacat seperti yang sudah saya katakan diatas. Jika kamu menggunakan miui versi global stabil, dipastikan kamu akan mendapatkan update sangat lama. Beneran sangat lama. Apalagi jika smartphone kamu termasuk versi lama seperti Redmi 1s, Redmi 2, Redmi 3 :(

Beda cerita jika kamu menggunakan smartphone versi baru xiaomi atau flagship nya xiaomi, kamu akan mendapatkan pembaruan lebih cepat dibanding yang lainnya (  yang menggunakan miui global stabil juga ).  Hal ini wajar, dimana pihak xiaomi lebih mengutamakan pembaruan untuk smartphone terbaru mereka. Tapi, jika kamu ingin mendapatkan pembaruan miui lebih cepat dibanding orang-orang yang menggunakan versi global stabil, kamu bisa menggunakan miui global developer. Nah, atas hal ini lah saya jadi flash ulang ke miui global developer.

Global developer

Di MIUI global developer, kamu mendapatkan versi " lebih dulu " dari versi global stabil. Karena fungsinya global developer adalah untuk menguji fitur baru yang akan ada di versi global stabil. Jika kamu menggunakan rom versi ini, kamu akan mendapatkan pembaruan tiap minggu. Biasanya hari jum'at atau sabtu. Jika hari jum'at biasanya siang - sore jika sabtu biasanya pagi. Nah pembaruan ini gak jauh-jauh dari memperbaiki bug / cacat atau menambah fitur baru.

Namun sayangnya, miui versi global developer ini menurut saya masih kurang greget dibanding versi china developer. Rom versi china selalu diprioritaskan soal fitur-fiturnya.

China developer

Ini adalah rom yang paling keren menurut saya, keren dalam arti banyak fiturnya yang gak bisa kamu temukan di versi global stabil / developer. Misalnya saja, fitur split screen. Fitur ini ada di MIUI 9 dengan android nougat. Tapi di versi china developer kamu bisa mendapatkan fitur ini di android marsmallow. Fitur split screen ini menurut saya masih cacat. Misalnya, kamu sedang membuka recent app, tapi malah nge-split screen sendiri. Terus, split screen nya sangat sulit untuk di exit. Jadi, harus restart smartphone nya haha. Semoga aja, cepet di fix sama miui developer sehingga bisa dipakai oleh para pengguna global stabil ya ^^

Di china developer ini, saya juga bisa menyicipi smart assistant terbaru xiaomi. Namun sayangnya, hanya mendukung bahasa mandarin. Jadi, ya mubazir juga sih. Kamu juga dapat fitur step tracker, fitur ini bisa menghitung berapa kali kamu melangkah dalam sehari, meskipun kamu belum punya mi band. Tapi fitur step tracker ini sangat tidak akurat. Baru bangun tidur aja udah terbaca 299 langkah. Masa iya tidur sambil jalan..

Kekurangan dari china developer adalah tidak adanya google playstore, dan kawan-kawannya ( youtube, gmail, drive, dsb ) Juga google assistant tidak dapat digunakan di rom ini. Setiap mengganti assistant dari mi assistant ke google assistant, pasti selalu ke reset lagi. Tidak tahu juga saya..
Hanya mendukung bahasa china dan inggris. Bahasa inggris juga tidak sepenuhnya bahasa inggris. Ada beberapa aplikasi dari rom ini ( kebanyakan bloatware ) yang hanya menggunakan bahasa mandarin saja.

Aplikasi musik nya juga lebih keren, dimana kamu bisa melihat artis yang lagi naik daun, lagu yang lagi populer, streaming lagu. Tapi sayangnya ( lagi ) hanya untuk daerah china. Padahal fitur ini keren lho menurut saya.

Kesimpulan

Terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara MIUI Global stabil, MIUI Global developer, dan MIUI China developer. Dimana tiap rom nya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Untuk pengguna yang menggunakan smartphone xiaominya untuk keperluan sehari-hari saya sarankan menggunakan miui global stabil.
Untuk pengguna yang ingin merasakan fitur baru xiaomi tapi tak ingin kehilangan bahasa Indonesia, gunakan miui global developer.
Untuk kamu yang ingin merasakan fitur major dari xiaomi gunakan miui china developer. Fitur major bisa diartikan fitur yang sangat besar, seperti pembaruan versi MIUI 9 ke 10. Namun, saat ini MIUI 10 belum tersedia di china developer.

Saya belum menyicipi miui china stabil sih, yah karena sekarang smartphone saya statusnya sudah sangat penting. Males juga kalo harus backup ke mi cloud terus di restore lagi.. Oh ya, jika kamu ingin mendapatkan update terbaru tentang miui kamu bisa menggunakan Mi Community ^^

Sekian dari saya, terima kasih!
Your Ads Here

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon