Data pengguna Facebook bocor? Facebook mau diblokir?

   Akhir-akhir ini, banyak sekali berita yang mengatakan bahwa data facebook bocor. Hmmm.... ayo kita bahas.

Awal mulanya

Saya sudah melakukan penyelidikan, gak penyelidikan juga sih semacam lihat-lihat lah. Jadi, menurut informasi yang saya dapat awal mulanya adalah dari aplikasi yang bernama "This is your digital life" ini sih aplikasi lama tahun 2006. Aplikasi ini adalah sejenis aplikasi kuis dan sudah terintegrasi dengan facebook atau singkatnya kamu bisa login pakai facebook untuk menggunakan aplikasi tersebut. Pada tahun 2006, keamanan facebook tidak se-aman sekarang, jika kamu punya teman di facebook 500 orang maka jika kamu menggunakan aplikasi tersebut menggunakan facebook, maka aplikasi tersebut akan mendapatkan data pribadi kamu beserta 500 teman kamu.

Singkat cerita, aplikasi tersebut sudah mengumpulkan sebanyak 87 Juta data pengguna facebook. Lalu, dijual oleh mereka ke semacam lembaga politik gitu yang bernama " Cambridge Analytica ". Nah, menurut peraturan facebook setiap aplikasi pihak ketiga yang menggunakan facebook mereka tidak boleh menyebarkan data penggunanya untuk alasan apapun. Tapi, aplikasi tersebut melanggarnya lalu menjual 87 juta data pengguna tersebut.

Nah, waktu pemilu di amrik yang lalu waktu trump vs hilari, tim nya trump menyewa jasa Cambridge Analytica untuk membuat iklan yang lebih tepat sasaran. Misalnya wilayah A orangnya banyak yang suka kopi, maka mereka akan mempromosikan iklan tersebut menggunakan kopi. Jadinya, orang-orang akan lebih tertarik untuk milih trump.

Facebook diblokir di Indonesia

Karena 86 juta data pengguna facebook bocor 1 juta diantaranya adalah dari Indonesia. Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia melakukan antisipasi agar kasus yang terjadi di amrik tidak terjadi di Indonesia. Berhubung tahun 2019 bakal ada pemilu. Dan hari ini ( 11 April 2018 ) pihak facebook mendatangi kominfo buat ngobrol-ngobrol. Siapa tau aja kan gak jadi diblokir.

Apakah data kamu bocor?

Kita bisa mengecek, apakah data facebook kita bocor atau tidak. Caranya klik tautan berikut : https://www.facebook.com/help/1873665312923476?helpref=search&sr=1&query=cambridge

Nah, jika muncul tulisan seperti gambar diatas. Berarti facebook kamu tidak bocor datanya. :D

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon