Apa bedanya Google Chrome dengan Chromium

Your Ads Here

   Google Chrome adalah peramban yang dikembangkan oleh programmer google, disamping itu ada juga perambang yang mirip dengan google chrome yaitu chromium. Banyak yang bilang bahwa chromium itu adalah virus atau malware. Itu dikarenakan ketika kita memasang aplikasi yang di unduh dari situs tidak resmi, biasanya peramban chromium ini juga ikut terpasang. Nah, disini saya akan sedikit menjelaskan tentang perbedaan antara kedua peramban tersebut.

Google Chrome dan Chromium

Chromium ada peramban open-source yang dikembangkan oleh chromium project. Chromium dirilis versi rolling tahun 2008, begitu juga dengan google chrome yang di rilis tahun 2008.
Google chrome diciptakan dari chromium tadi yang sifatnya open-source, sehingga google bisa mengembangkan peramban chromium tersebut dengan menambahkan fitur-fitur menarik yang tidak ditemukan di chromium.

Meskipun dikembangkan dari chromium, namun google chrome tidak memberikan open-source pada google chrome nya. Jadi sebenarnya, di google chrome terdapat token yang berfungsi sebagai tracking aktifitas kamu di google chrome dan akan mengirimkannya ke server google. Privasi kamu diambil pihak google bukan tanpa alasan lho, mereka me lakukan tracking untuk umpan balik laporan dari users google chrome. Jadi misalnya google chrome crash, maka google akan tahu dengan cepat dan bisa diperbaiki di update yang akan datang.

Bingung ya?.. Yaudah ini singkatnya :

Chromium

  1. Gratis
  2. Open source ( Privasi terjaga ).
  3. Minim fitur( tapi masih bisa pake addons ).

Google Chrome

  1. Gratis.
  2. Tidak open-source ( Privasi diambil ).
  3. Banyak fitur ( Web store, dsb ).
  4. Update terus.
Your Ads Here

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon