5 Distro linux teringan 2017

   Sudah tahun 2018 nih, selamat tahun baru semua!
Pada artikel ini saya akan menyimpulkan beberapa distro atau lebih tepatnya 5 Distro linux teringan 2017. Distro-distro yang akan saya sebut ini mungkin akan berjalan di laptop atau komputer lama kamu. Yah meskipun linux sudah ringan, tapi ada beberapa distro yang dibuat secara khusus agar lebih cepat lagi.

Arch Linux


Di urutan pertama ada arch linux, distro yang satu ini benar-benar cepat dan ringan. Tapi untuk mengoperasikan ini butuh keahlian khusus di linux. Setidaknya pernah pakai linux baru bisa pakai distro ini.. Saat pertama kali boot di USB distro ini tidak dilengkapi dengan Desktop Environment (DE), jadi yang kamu lihat hanyalah CLI. Kamu harus install DE sendiri sesuai yang kamu mau. Sisi lainnya, kamu dapat dengan bebas memodifikasi DE nya.

Linux Mint MATE


Di urutan kedua ada Linux Mint Mate. Distro linux mint ada banyak sebenarnya yang bikin banyak adalah DE nya bermacam-macam. Dan salah satu DE yang ringan adalah MATE. Dengan tampilan yang modern dan sederhana membuat distro ini mudah di jalankan di komputer lama kamu. Linux Mint juga termasuk turunan dari Ubuntu dan Debian, jadi untuk pengguna pemula dapat dengan mudah mengoperasikannya.

Xubuntu & Lubuntu


Xubuntu adalah distro turunan dari ubuntu. Kata "X" didepan "Ubuntu" mengartikan dari nama desktop environmentnya ( DE ). X berarti XFCE, dimana xfce ini sudah dikenal dengan lightweight DE nya. lalu ada Lubuntu, L berarti LXDE. DE LXDE ini agak lebih berat dari XFCE tapi secara keseluruhan keduanya sama-sama ringan kok.

Deepin OS


Distro ini punya Desktop Environment ( DE ) sendiri yang mereka berinama Deepin Desktop Environment ( DDE ). Distro ini adalah distro dengan tampilan terbaik menurut saya, tampilannya yang elegan tetapi masih ringan. Minim resource dan minim penggunaan ram.

Debian



Yang terakhir ada debian. Distro ini termasuk distro yang minim resource dan menyediakan DE yang ringan diantaranya XFCE, LXDE, KDE, Mate, dsb. Jika distro diatas tidak bisa berjalan di komputer lama kamu dengan baik, maka debian bisa jadi pilihan yang lain.

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon