Xenta OS - Distro Linux Indonesia dengan tampilan yang cantik

Your Ads Here

   Indonesia sudah memiliki banyak sekali distribusi linux, yaitu DracOS, BlankOn, Grombyang OS, Tea Linux OS, dan lain sebagainya. Sekarang hadir lagi distribusi linux buatan orang Indonesia yaitu Xenta OS. Dengan hadirnya xenta os tentunya menambah daftar distribusi linux di Indonesia. GO OPEN SOURCE!!!

Xenta OS

Xenta OS dikembangkan oleh Dindin Hernawan beserta tim developernya. Xenta os dibuat dengan berbasiskan linux mint. Diambil dari situs resminya, dindin mengaku bahwa xenta os ini hanyalah projek dari hobinya saja. Meskipun begitu, saya rasa mereka serius menggarap projek ini. Ini terbukti dari xenta os yang terus di perbarui, dari mulai awal rilis pertama kali pada 24 Januari 2017 hingga sekarang 24 Desember 2017 sudah rilis versi baru dengan kode nama " Arok ".

Xenta OS sendiri memiliki dua versi dari Desktop Environment (DE) yaitu Cinnamon dan Xfce. Versi cinnamon dapat digunakan untuk arsitektur 64-bit dan 32-bit. Sedangkan untuk versi xfce hanya untuk arsitektur 32-bit. Ini dikarenakan versi cinnamon diperuntukan untuk notebook baru atau komputer baru. Sedangkan xfce diperuntukan untuk notebook lama atau komputer lama. Meskpun termasuk turunan dari linux mint, namun xenta os sudah punya repository sendiri lho jadi xenta os tidak ikut menggunakan repository dari linux mint.

Xenta os memiliki tampilan yang cantik dengan tema hitam serta menggunakan start menu sama seperti linux mint. Xenta os mudah untuk digunakan bahkan oleh orang yang baru mencoba linux. Xenta os juga sudah dilengkapi oleh aplikasi-aplikasi penunjang untuk bekerja, seperti office atau aplikasi pengedit foto. Sama seperti distro lainnya, xenta os juga sudah dilengkapi dengan software center yang mereka beri nama Xenta Software Center yang akan berguna jika kamu ingin memasang aplikasi yang baru.  Jadi kamu tidak perlu menggunakan terminal / perintah-perintah CLI untuk memasang aplikasi tertentu.

Aplikasi bawaan penunjang kerja

Berikut ini adalah daftar aplikasi bawaan penunjang kerja yang sudah terpasang saat memasang Xenta OS.
  1. GNU Image Manipulation Program.
  2. Inkscape. 
  3. Libre Office.
  4. VLC.
  5. Wine.

System Requirements

Jika kamu tertarik untuk memasang atau mencoba xenta os, kamu bisa download di situs resminya -> Download Xenta OS
Persyaratan minimum Cinnamon :
  • Prosesor minimal dual core 2.0 Ghz.
  • RAM minimal 2GB DDR3.
  • GPU dangan vram 2GB.
  • Kapasitas HDD minimal 20GB.
Persyaratan xfce :
  • Prosesor minimal pentium 4 2.0 Ghz.
  • RAM minimal 1GB DDR2
  • GPU minimal 512 Mb.
  • Kapasitas HDD minimal 20GB.
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa distribusi linux ini termasuk baru, jadi masih ada bug. Jika kamu menemukan bug, kamu bisa melaporkannya ke developer xenta os. Dengan melaporkan bug yang kamu temukan, kamu dapat ikut serta membangun xenta os menjadi lebih baik lagi dan minim bug.
Your Ads Here

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon