Migrasi ke GNU/Linux

   Oke jadi ini sebenarnya tulisan iseng aja sih, saya ingin menceritakan bagaimana saya mau bermigrasi ke open source yah lebih tepatnya sih ber migrasi ke GNU/Linux.
Berawal dari sistem operasi windows saya yang sering frame drop / lag yah mungkin karena spek laptop kentang saya tidak bisa menjalankan sistem operasi windows yang memakan banyak resource.

Mulai dari sana, saya mencari sistem operasi pengganti. Pada awalnya, yang saya tahu dari linux cuma tampilan terminalnya aja sih. Tapi ternyata, linux itu cuma kernel bukan sistem operasi. Saya gak tahu apa itu distribution/distro linux, yah pokoknya gak tahu apa-apa.
Karena gak tahu apa-apa, jadi saya coba distro linux yang paling disarankan oleh Internet, yaitu Ubuntu. Setelah saya coba beberapa minggu, emang enak sih ini distro bisa dikostumisasi semua mulai dari ikonnya, kursornya, programmnya, yah emang sih semua distro linux bisa di kostumisasi secara kan open source. Tapi, pada saat itu saya gak tahu tentang open source itu jadi saya kira itu adalah hal yang keren.

Tapi masalah datang, dimana ubuntu berjalan begitu berat di laptop kentang saya. Mulai dari booting nya yang lama banget, sampe mau buka aplikasi aja loading lama banget. Yah 11:12 sama windows lama saya. Akhirnya, saya mencoba mencari distro lain yang "Katanya" lebih ringan. Saya sebut "katanya" karena banyak yang bilang kalo distro ini ringan. Dan saya menemukan distro yang bernama Elementary OS distro yang satu ini memiliki tampilan yang mirip banget sama sistem operasi sebelah, yaitu Mac OS.

Saya akui pada awalnya distro ini emang lebih ringan dari ubuntu, booting terasa lebih cepat, tampilan lebih bersih, yah cuma masih ada sedikit frame drop ketika membuka menu nya sih. Jadi kesimpulannya, distro ini belum cocok buat saya.
Hm......
Saya coba cari distro lain, saya cari di artikel-artikel sampai ke vidio di youtube akhirnya saya menemukan distro yang menurut saya emang ringan beneran buat laptop kentang saya, yaitu Deepin OS. Emang bener sih, distro ini emang beneran ringan buat laptop kentang saya. Dan sepertinya saya betah dengan distro ini dan akan menetap pada GNU/Linux. Linux juga sesuai dengan hobi saya yang berhubungan dengan webserver.

Alasan lain saya migrasi ke linux adalah karena linux open source semuanya. Semuanya disini maksudnya adalah termasuk perangkat lunaknya juga open source. Open source selain gratis juga lebih aman, dimana penggunanya bisa lihat isi dari perangkat lunak tersebut. Sehingga, penggunanya gak perlu takut jika perangkat lunak tersebut menyimpan malware, ataupun spyware. Menurut saya, saya sudah banyak membajak software di sistem operasi windows, jadi saya mencoba beralih ke open source.

Pentesting

Salah satu hobi saya adalah membuat aplikasi web ataupun aplikasi android. Jadi saya butuh linux untuk mencari celah di aplikasi buatan saya. Emang sih gak ada aplikasi yang sempurna di dunia ini, tapi dengan mengurangi celah pada aplikasi tersebut diharapkan dapat menambah kenyamanan penggunanya.
Distro linux yang saya gunakan adalah Kali Linux, menurut saya distro ini emang paling power full buat urusan pentesting / ethical hacking. Punya tools yang banyak, dan juga komunitasnya yang banyak. Meskipun komunitasnya di facebook Indonesia kebanyakan cuma nanya Cara Install Kali Linux gimana gan? atau kalo udah install kali linux gimana lagi gan? setidaknya masih ada yang ngasih tools, ataupun tutorial.

Sebenarnya sih, gak perlu live usb kali linux saya juga bisa memasang tools kali linux di distro linux saya dengan menggunakan Katoolin. Tapi, saya ingin memisahkan sistem operasi untuk kerja/hiburan dengan pentesting. Oh ya, saya lebih milih live usb dari pada install langsung di harddisk adalah karena saya jarang menggunakan distro ini. Cuma pada saat ingin mencari celah aja sih.. Selebihnya gak dipake jadi live usb saja.

Oke deh, segini aja tulisan saya. Semoga bisa menjadi referensi kamu untuk bermigrasi ke linux. Ada banyak kok distro linux yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhkan kamu.

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon