Deepin OS - Distro Linux Ternyaman

   Halo semuanya!
Jadi kemaren saya baru saja migrasi ke Linux (lagi) setelah sebelumnya pakai Windows 10 Pro untuk beberapa bulan. Satu-satunya alasan saya pindah ke linux adalah software yang saya pakai di Windows 10 bajakan, kecuali OS nya masih original.

Saya mencoba untuk memulai menggunakan open source semua, mulai dari sistem operasinya sampai ke perangkat lunaknya. Pilihan saya jatuh ke distro Deepin OS yang merupakan turunan dari Debian.

Deepin OS

Distro linux yang satu ini sangat bersih, dan mempunya DE  yang modern. Tampilannya mirip-mirip sama sistem operasi sebelah, dengan menggunakan dock dan menggunakan launcher untuk melihat aplikasi-aplikasi.

Deepin OS dapat berjalan dengan mulus di laptop kentang saya, bahkan lebih mulus daripada Elementary OS. dulu saya sempat pakai elementary os tapi ya sedikit ada framedrop saat menggunakannya. Dan mungkin Deepin OS bakalan jadi os utama saya, saya tidak pakai os lain dalam arti saya tidak dual boot.

Setidaknya ada beberapa alasan kenapa saya jatuh cinta kepada deepin os ini.

Tampilannya Modern & Bersih

Deepin OS punya tampilan yang sangat modern dan bersih. Di desktop yang kamu lihat hanyalah dock dan tentu saja wallpaper kosong tanpa adanya folder, meskipun kamu bisa menambahkan folder di desktopnya. Semuanya di control lewat dock aja, tentu aja lebih efisien ya.

Saat pertama kali mencoba versi live usb nya, saya merasa.. bahwa distro yang sebelumnya saya anggap terbaik seperti Ubuntu dan Linux mint yang menggunakan banyak DE yang bisa dipilih ternyata udah ketinggalan jaman dibandingin sama tampilan DE punya deepin os.

Meskipun tampilannya modern, Deepin OS termasuk ringan. DE nya tidak seberat Cinnamon, untuk mencoba distro ini setidaknya kamu punya RAM 2GB tapi disarankan 4GB atau lebih. Disini saya menggunakan RAM 6GB.

Yang paling saya suka sih bagian Control Center nya yang gak seperti DE lain, disini control panel nya keren abis! Control panel berada di sebelah kanan, dan simpel. jika mau ngatur apa-apa gak perlu ribet nyari-nyari. Dengan control center kamu bisa merubah apapun dengan mudah, baik itu tema, icon, efek dan lain sebagianya bisaa kok. File managernya juga lebih bersih.
Bisa nampilih notifikasi kalo lagi dengerin lagu

Mudah dipakai

Mudah sekali untuk mengoperasikan sistem operasi ini. Uninstall aplikasi tinggal klik kanan aja di icon nya. Install aplikasi tinggal ke deepin store. Deepin punya appstore sendiri, dimana kamu gak perlu lagi buka browser terus download untuk mendapatkan suatu software. Cukup buka deepin store, dan cari software apa yang kamu mau dan tentu saja gratis semua, namanya juga open source.

Saat pertama kali install, sudah pre-installed atau sudah tersedia aplikasi-aplikasi dasar buat kerja. Seperti office ( pakai WPS yang tampilannya mirip microsoft office ), pemutar musik, pemutar vidio, dan lain sebagainya.

Multistasking

Enak buat multitasking karena kamu bisa menjalankan program di desktop yang berbeda. Oke lah, hampir semua distro linux emang bisa multitasking sih tapi kalau pakai distro ini kamu bisa mendapatkan pengalaman yang sedikit berbeda.

Pokoknya distro ini keren abis dah. Awalnya sih saya ragu karena banyak isu yang mengatakan bahwa distro ini salah satu mata-mata dari china. Yah karena asal distro ini berasal dari china. Tapi menurut saya itu cuma isu sih, karena mereka ngasih source code nya yang bisa kita lakukan pentesting kalo kita ragu sama distro nya : https://github.com/linuxdeepin

Jika kamu baru akan memulai menggunakan linux, distro ini bisa jadi pilihan ya.

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon