Apa itu Linux?


    Demi membangun perkembangan open source di Indonesia, kali ini saya akan sedikit membahas Apa itu Linux. Berhubung masih banyak orang Indonesia yang beranggapan bahwa linux itu isinya cuma Command Line Interface yang bisa dilihat cuma terminal dan deretan tulisan-tulisan gak jelas. Padalah kan, linux gak gitu kok mereka udah mulai berkembang. Mulai dari yang tampilannya mirip apel tergigit, sampe mirip jendela juga ada.

Linux itu kernel atau sistem operasi?

Pertanyaan yang sering muncul adalah linux itu termasuk sistem operasi atau hanya kernel? Nah, menurut situs resminya linux disebut sebagai kernel. Sedangkan GNU/Linux disebut sebagai sistem operasinya.
GNU/Linux adalah GUI-Based nya yang dikembangin dari kernel linux tadi. Jadi sebenernya distro-distro linux seperti Ubuntu, Debian itu adalah GNU/Linux. Makanya deh distro-distro tersebut bisa diklik, bisa di pake buat ngetik, bisa dipake apa aja lah pokoknya.

Pada tahun 1991 banyak orang yang mengira bahwa om Linus ngembangin Linux secara keseluran (termasuk menjadi sistem operasi )  padahal hanya kernel nya saja. Para programmernya juga mengerti bahwa linux hanyalah sebuah kernel, sehingga para programmer tersebut membuat sistem operasi yang basis nya menggunakan kernelnya linux.

Pengembangnya ada banyak

Berbeda dengan windows / mac os, mereka kan dikembangin oleh suatu perusahaan yang besar yaitu microsoft dan apple. Tentu aja karena dikembangin oleh perusahaan maka ada harga yang harus dibayar untuk menggunakan sistem operasi buatan mereka ini. Harganya pun gak murah... ( Sebenernya sih murah atau mahal itu relatif tergantung kondisi dompet kamu ). Sebelum kita me-install sistem operasi windows ataupun mac os, kan biasanya muncul agreement gitu ( agreement = tulisan yang panjang banget yang biasanya suka gak dibaca karena males ) di agreement tersebut tertulis jika ingin menggunakan sistem operasi ini, kalian harus merelakan privasi kalian digunakan oleh mereka.

Berbeda dengan linux, di linux privasi sangat dijaga alias bersifat freedom. Karena linux bersifat open source, maka setiap orang ( programmer komputer, developer komputer, ataupun antusias linux ) bebas memodifikasinya atau bahkan membuat sistem operasi yang baru.  Setiap orang bebas berpatisipasi dalam pengembangan sebuah sistem operasi agar sistem operasi tersebut menjadi minim bug dan nyaman digunakan oleh semua orang.

Beragam

Jika di Windows atau Mac OS tampilan desktop nya gitu-gitu aja, di linux beda. Karena bersifat open source akhirnya orang-orang bebas memodifikasi dan merubah isi kodenya.  Dan akhirnya menciptakan berbagai macam sistem operasi baru yang disebut distribusi linux atau distro. Distro ini ada banyak macem nya, mulai dari distro buatan luar negri sampai dalam negri ada. Desktop Environtment (DE) nya juga ada banyak, singkatnya DE adalah tampilan desktopnya. Mau pake DE yang pake start menu seperti windows, atau DE yang pakai dock seperti mac os juga ada.

Ringan

Linux tidak butuh spesifikasi yang tinggi buat jalaninnya. PC Jadul pentium 4 pun bisa. Kalian tinggal pakai DE yang ringan seperti kde, lxfce, atau mate. Linux juga bisa dijalanin modal usb doang, yaitu mode Live Usb dimana kalian akan menjalankan linux lewat usb saja. Jika kalian ingin mencoba-coba linux, kalian bisa gunakan mode live usb. Atau jika kalian tidak ingin meninggalkan os lama kalian tapi ingin menggunakan linux kalian bisa dual boot dengan linux.

Nah mungkin itu saja yang saya tahu tentang linux. Jika kalian punya informasi tambahan atau informasi yang saya berikan salah, kalian bisa komentar dibawah :D

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon