Cara mengatasi Xiaomi Redmi 4X Bootloop

   Halo semuanya! Jadi kemarin, teman saya mengalami masalah pada smartphone nya yaitu Xiaomi Redmi 4X. Beberapa fungsi seperti Wifi, dan Bluetooth tidak berfungsi. Alhasil dicoba untuk flash ulang namun malah bootloop..

Smartphone nya hanya booting hingga logo mi dan restart dan begitu terus berulang-ulang. Jadi, pada saat itu saya bantu teman saya untuk flash ulang dalam keadaan Bootloop. Caranya cukup mudah, yaitu dengan melalui metode fastboot.
Untuk memulainya, pastikan akun mi kamu sudah memiliki izin untuk unlock bootloader ya, silahkan kunjungi Xiaomi Unlock untuk unlock bootloader.

Oh ya ngomong-ngomong nih, lakukan cara ini dengan resiko yang kamu tanggung ya. Karena banyak kemungkinan cara ini akan gagal.. Jadi saya tidak akan bertanggung jawab dengan smartphone kamu jika kamu mengikuti cara ini. Akan lebih baik lagi jika kamu membawanya ke Services Center Xiaomi.

Fastboot

Saya asumsikan, akun mi kamu sudah dalam keadaan unlock bootloader ya. Jadi disini, saya akan langsung ke metode fastbootnya.

1. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah unduh dulu file rom nya, file rom ini khusus fastboot aja. Kunjungi link ini untuk mulai unduh rom. Dan pastikan yang kamu unduh adalah rom untuk Redmi 4X ( Terserah mau yang stable atau developer ).

2. Download dulu mi flash tools disini.

3. Nah, kembali ke devicenya. Silahkan masuk ke mode fastboot. Caranya tekan tombol power dan volume down hingga masuk ke mode fastboot. Sampai ada gambar mi bunny benerin android.
4. Buka MiFlash tools nya lalu hubungkan perangkat Redmi 4x dengan komputer melalui kabel usb.

5. Pada bagian mi flash tools, pilih browse dan arahkan ke file rom yang sudah di ekstrak. Dan tekan refresh hingga muncul list perangkatnya.
Sumber : en.miui.com
6. Setelah itu klik tombol flash lalu tunggu beberapa menit, biasanya lama sih jadi sabar aja.
Nanti kalo sudah selesai, maka smartphone Redmi 4x kamu akan me-reboot dengan sendirinya ke rom yang baru.

Unbrick

Jika cara diatas tidak bisa, dalam hal lain akun mi kamu gak bisa di unlock, dan smartphonenya gak bisa di flash pakai mi flash tools, tak perlu khawatir karena ada cara yang lain.

1. Silahkan download dulu rom recovernya disini.

2. Download juga MI PC Suite disini.

3. Setelah itu, buka Mi PC Suite.

4. Smartphonenya pastikan sudah ke recovery mode. Caranya tekan power dan volume +. Jika tidak bisa, silahkan tekan power dan volume + ditambah volume - yang berulang-ulang. Hingga muncul logo MI dan lepaskan.

5. Setelah masuk, kembali lagi ke pc dan koneksikan Redmi 4x ke pc dengan kabel data / usb.

6. Dan pilih flash, dan arahkan ke folder rom recovery yang masih dalam bentuk .zip

Nanti akan ada proses loading gitu dan lumayan agak lama sih. Jadi tungguin aja.

Test Point

Jika kedua cara diatas, maka test point adalah cara terakhir yang bisa kita lakukan. Cara melakukan ini sedikit sulit karena kita harus membongkar smartphonenya. Pastikan sebelum membongkar kartu sim dan SD Card sudah dilepas ya.
Jadi silahkan bongkar dulu smartphonenya, hingga seperti gambar berikut :
Nah, sekarang kamu sambungkan dua titik yang saya kotakin merah tersebut pakai pinset, kabel tembaga.
Tapi, sebelumnya buka dulu PC dan siapkan dulu mi flash tools dan rom fastbootnya. Link download ada di atas.
Dan pastikan Redmi 4x sudah disambungkan ke pc pakai kabel data dan di software mi flash tools nya sudah mendeteksi Redmi 4x dalam keadaan fastboot ya.

Setelah itu kita sambungkan deh kedua titik tersebut lalu kembali ke pc dan buka devices manager, dan lihat dibagian port Qualcomm, dan pastikan Portnya berubah nama dari Qualcomm hs-usb qdloader 900E ke Qualcomm hs-usb qdloader 9008. Jika sudah berubah ke Qualcomm hs-usb qdloader 9008 kita bisa lanjut flashing.

Di pc buka mi flash tools yang tadi dan tekan tombol refreshl. Setelah di refresh harusnya dibagian devices sudah berubah dari yang tadinya angka jadi COM. Lalu, silahkan flash seperti biasa.

Nah mungkin itu aja sih yang bisa dilakukan jika Redmi 4x kamu bootloop. Semoga bermanfaat ya.
Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan komentar dibawah.

2 Comments

makasih tutorialnya,,
bahasanya sangat gampang di pahami.

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon