Kenapa trending youtube Indonesia isinya "SAMPAH" ?

   Pernah gak sih lo iseng-iseng buka youtube trending Indonesia dan pas lu liat lu kaget, menjerit, trus teriak " WTF IS THIS? " *Lebay sih ini wkwk. Jadi kali ini, gua bakal ngomongin tentang trending youtube Indonesia yang isinya "sampah" alias banyak cancernya. Yah walaupun gak semua tapi tetep aja membuat creator youtube Indonesia ternama seperti Chandra Liow, Agung Hapsah, Kevin Hendrawan, dkk jadi susah masuk trending.
Yak lu liat aja screenshot diatas, itu adalah trending youtube Indonesia pada tanggal 16 September 2017. Nah kenapa bisa begitu?

Trending Youtube Indonesia

Seperti biasanya, trending youtube Indonesia emang selalu gak jelas, bisa dibilang cancer ya. Gimana enggak, isinya berupa konten yang seharusnya gak masuk trending, 18+ misalnya. Tapi, lu pada tahu gak sih, awal mula sebuah vidio bisa masuk trending youtube?  Jadi, pada artikel kali ini bakalan gua jelasin kenapa vidio bisa masuk trending youtube. Biar gampang dimengerti, gua bakal jelasin dengan cara seksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya. *Udah kek proklamasi.

Sebuah vidio gak bakalan masuk trending youtube jika gak ada aksi dari pengguna youtube ( Penonton ). Mungkin banyak di antara lu yang mengira vidio bakal masuk trending karena viewsnya banyak kan? Ternyata salah bro... Vidio bakalan masuk trending youtube berdasarkan banyaknya orang yang nyari topik pada vidionya, banyaknya waktu yang ditonton pada setiap vidionya, banyaknya like, dislike, comments, share, dan subscribe.

Misalnya nih, lu nonton video yang berdurasi 5 menit trus lu tonton tuh sampe vidionya habis ( 5 menit ) nah berarti banyaknya waktu yang di tontonnya bagus. Nah ini menjadi salah satu faktor vidio  tersebut menjadi trending. Belum lagi ditambah comments yang banyak banget dan jumlah dislike yang gak kalah banyaknya kek jumlah dislike.


Makanya gak heran deh kalo ada vidio yang dislikenya lebih banyak dari likenya tapi bisa masuk trending, ini semua karena para pengguna youtube nonton videonya sampe habis. Belum lagi ditambah komentar-komentar yang menjadi nilai tambah video tersebut masuk trending. Apalagi jika vidio tersebut menarik trus di share sama pengguna youtube ke temen-temennya. Trus nya lagi temen-temennya ngeshare lagi vidionya ke temen-temennya  nah vidio tersebut akan menjadi trending, mungkin bisa sampe peringkat pertama. Kek vidio Upil Naruto yang menjadi trending nomor 1 hari ini. btw Nindy Ayunda itu siapa ya?

Nah, jadi algoritma youtube itu unik ya. Semakin pengguna youtube melakukan aksi, semakin meningkat persentase vidio menjadi trending. Gak peduli mau aksi itu adalah dislike, like, comments, atau cuma nonton aja itu sudah membuat kesempatan vidio menjadi trending meningkat. Belum lagi ditambah pengguna youtube pasif (gak punya akun youtube), yang cuma buka youtube cuma iseng-iseng aja trus nontonin vidionya.

Sebenernya sih, balik lagi ke diri kita ya orang Indonesia yang pada dasarnya emang kepo banget. Liat judul yang unik di klik, trus liat vidio dengan judul 18+ di klik, liat thumbnail rada 18+ di klik juga. Semakin sering di klik juga semakin meningkatkan persentase vidio tersebut menjadi trending.

Solusinya!

Cara gampang membuat trending youtube Indonesia menjadi bersih dari "sampah" gampang aja, yaitu jangan ditonton vidionya, jangan di like atau dislike. Atau yang lebih bagus lagi jangan di klik vidionya. Pokoknya jangan di klik, walaupun hanya 1 detik saja itu udah menambah waktu nonton vidionya.

Oke deh, sekian dulu dari gua. Harapan gua semoga trending youtube Indonesia jadi agak waras dikit lah. Kek misalnya isinya Bola, Lagu, atau apalah itu yang positif. Gak ada lagi deh konten gak jelas dan konten yang mengandung 18+.

2 Comments

wah bener banget yang tranding kebanyakan video ga jelas, kasian yang conten creator yang niat banget bikin videonye

emang. kebanyakan video2 tolol dan gak mutu. saya sih ngga pernah mbuka "trending". saya subscribe channel2 yg bagus aja (itu juga 99% channel luar), terus nonton yg disubscribe aja.

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon