Endless OS Masuk ke Indonesia!

Your Ads Here

  Katakan 'Halo' untuk sistem operasi gratis yang baru saja sampai ke Indonesia. Tepat pada tanggal 4 Juli 2017 yang lalu Endless OS resmi hadir di Indonesia. Sistem operasi ini di resmikan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Beserta mitranya, mereka memperkenalkan produk resminya tersebut ke khalayak ramai.

Apa itu Endless OS?

Endless OS adalah salah satu sistem operasi open-source (gratis) yang berbasis GNU/Linux. Sistem operasi ini ditujukan untuk negara berkembang yang memiliki akses internet lambat atau bahkan tidak ada akses internet sama sekali.

Saat pertama kali menginstall, kamu tidak perlu menginstall banyak aplikasi kerja. Karena, Endless OS sudah menyediakan aplikasi-aplikasi siap pakai saat pertama kali di install. Jadi, kamu tidak perlu akses internet untuk mendapatkan aplikasi untuk kerja.

Ada 2 versi untuk Endless OS ini yaitu :
  1. Versi Dasar
    Untuk versi ini di peruntukan untuk kamu yang memiliki akses internet. Karena di versi ini, hanya aplikasi sehari-hari saja yang terinstall, seperti peramban internet, pengolah dokumen, pengolah gambar, dan lain sebagainya. Versi ini direkomendasikan untuk kamu yang memiliki akses internet. Atau yang ingin coba-coba saja :D Tenang saja, di semua versi Endless OS memiliki App Center jika kamu ingin mengunduh aplikasi baru.
  2. Versi Lengkap
    Untuk versi ini di peruntukan untuk kamu yang memiliki akses internet lambat. Pada versi ini, sudah terinstall 100 aplikasi yang siap pakai. Kamu tidak perlu repot-repot ke App Center untuk menginstall aplikasi.
Kamu bisa mencoba Endless OS melalui stik USB Flashdisk

Cara install Endless OS di USB Flashdisk

Cara ini hanya berlaku untuk windows 7 keatas. Dan jika kamu ingin mencoba Endless OS melalui Live USB pastikan bahwa prosesor yang kamu gunakan adalah 64 bit agar berjalan maksimal.

1. Download Installer Windows
Endless OS berbeda dari distro linux lainnya dimana harus menggunakan pihak ketiga untuk burn iso ke usb. Di Endless OS semua sudah disediakan. Nah, Sekarang kamu download installernya melalui link berikut : Unduh Endless OS.


Klik pada kolom ' Unduh dari Windows ' dan klik ' Unduh Sekarang '.

2. Installasi
Sekarang sambungkan stik USB Flashdisknya, lalu jalankan software installernya yang sudah di unduh. Kamu perlu stik USB Flashdisk berkapasitas minimal 8GB untuk versi dasar bahasa Indonesia, dan minimal 16 GB untuk versi lengkap bahasa Indonesia.


Lalu, pilih ' Klik disini ' pada tulisan ' Untuk opsi install lanjutan menggunakan Endless USB Stick '.


Setelah itu pilih ' Buat stick USB Endless '.


Nah disini, kamu bisa memilih mau pakai versi dasar atau lengkap. Kamu juga butuh koneksi internet karena ini adalah proses me-unduh Endless OS nya.


Sekarang kamu pilih USB mana yang ingin digunakan. Lalu, klik tanda ' Saya paham bahwa ini akan menghapus semua berkas saya di perangkat USB. ' 


Klik berikutnya, dan tunggu proses me-unduhnya. Lamanya proses tergantung koneksi dan spesifikasi komputer yang kamu gunakan. Dan jangan cabut USB nya sebelum proses selesai.


Dan selesai! Sekarang kamu sudah dapat menikmati Endless OS.
Untuk memulainya, kamu perlu boot komputer kamu ke USB stik. Caranya yaitu melalui bios.

Nah itu lah sedikit informasi mengenai Endless OS.
Your Ads Here

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon