Apakah aplikasi pengusir nyamuk itu bekerja?

Anti-Nyamuk


   Aplikasi pengusir nyamuk dengan gelombang suara ultrasonic diklaim dapat mengusir nyamuk dan serangga lainnya. Aplikasi ini hanya dapat mengusir bukan mematikan, dalam arti bisa membuat nyamuk pergi bukan mati. Tapi, apakah aplikasi ini beneran bisa bikin nyamuk pergi?

Jadi semalam, saya tidak bisa tidur hanya Karena seekor nyamuk dan teman-temannya menempel di kulit saya. Lalu, tiba-tiba saya terpikirkan oleh sebuah aplikasi android yang bernama “ Anti-Mosquito “ yang berarti anti nyamuk.

Saya unduh aplikasi tersebut, dan saya gunakan beberapa menit. Dan ternyata aplikasi tersebut tidak membuahkan hasil sama sekali. Nyamuk dan teman-temannya tersebut masih mau menempel di kulit saya. Nyamuk-nyamuk tersebut tidak takut sama sekali dengan suara yang dikeluarkan oleh aplikasi anti nyamuk tersebut.

Akhirnya, pada malam yang sama saya buka google dan mencari tahu mengenai anti nyamuk dengan gelombang ultrasonic. Ada banyak media yang menyatakan bahwa memang bisa nyamuk diusir dengan gelombang ultrasonic ini dikarenakan nyamuk tidak suka dengan gelombang ultrasonic yang ber-frequensi antara 17KHz – 20KHz.

Google Pixel



Media yang menyatakan bahwa anti nyamuk dengan gelomang ultrasonic juga tidak kalah banyak. Dari beberapa media yang saya kunjungi, saya mendapatkan fakta bahwa : Anti-nyamuk tersebut memang bisa mengusir nyamuk tapi hanya sementara. Setelah beberapa saat nyamuk-nyamuk tersebut akan terbiasa dengan gelombang ultrasonic dan tidak akan memberikan efek apa-apa lagi.

Fakta diatas sudah dibuktikan dengan beberapa penelitian ilmiah seperti :
Belton P. An acoustic evaluation of electronic mosquito repellers.
Mosquito News. 1981;41:751-5. Lewis DJ, Fairchild WL, Leprince DJ. Evaluation of an electronic mosquito repeller. Canadian Entomologist. 1982;114:699-702.
Foster WA, Lutes KI. Tests of ultrasonic emissions on mosquito attraction to hosts in a flight chamber. J Am Mosq Control Assoc. 1985;1:199-202.
Ingin bukti lain, bisa dibaca di sini : http://www.bbc.com/news/magazine-20669080

Jadi intinya, percuma jika kamu me-unduh aplikasi pengusir nyamuk ultrasonic. Karena nyamuk-nyamuk tersebut pasti akan balik lagi Karena sudah terbiasa dengan suara ultrasonic yang dikeluarkan oleh aplikasi tersebut.

Di Indonesia sendiri masih banyak yang percaya sama pengusir nyamuk dengan gelombang ultrasonic, bahkan ada yang menjualnya. 

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon