Cara format bersih flashdisk melalui DiskPart

Your Ads Here
   Biasanya kita memformat flashdisk dengan cara klik kanan > format. Namun, apabila flashdisk tidak dapat diformat dengan cara tersebut, kita masih bisa melakukannya melalui Command Prompt (CMD).

Format FlashDisk

Ditutorial kali ini, saya menggunakan Windows 10.
  1. Buka CMD dan Run As Administrator, caranya dengan klik kanan di logo windows ( pojok kiri bawah ) dan pilih Command Prompt (Admin).
  2. Ketik " Diskpart " lalu tekan enter.
  3. Nah, disini kita masuk ke menu diskpartnya, selanjutnya kita harus disk yang terbaca di komputer, caranya ketik " List disk.
  4. Pilih disk yang menunjukkan kapasitas flashdisk kamu. Misalnya, flashdisk saya adalah disk 2, maka ketik " Select disk 2 ".
  5. Kita harus membersihkan partisinya, dengan cara ketik " clean ", setelah selesai kita akan membuat partisi baru dengan mengetik " create partition primary ".
  6. Pilih partisi yang sudah dibuat lagi, ketik " Select partition 1 ".
  7. Selanjutnya, kita format flashdisk kita ke FAT 32, dengan cara ketik " format fs=fat32 ". Proses ini biasanya berlangsung cukup lama antara 5 - 10 menit.
  8. Setelah selesai, ketik " Assign " untuk menambahkah mounting pada flashdisk tersebut.
  9. Lalu, ketik " Exit ".

 Selesai! Sekarang flashdisk kamu sudah terformat bersih. Semoga dengan cara ini, kamu bisa memperbaiki flashdisk yang rusak tidak dapat di format.
Your Ads Here

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon