Sejarah toko online di Indonesia


   Toko online, adalah salah satu media yang populer di internet yang dapat menghasilkan uang. Dengan toko online, pemiliknya dapat menjual barang / jasanya melalui internet. Namun, tahukah kamu sejarahnya toko online di Indonesia?

Sebelum kita menuju ke toko online, mari kita bahas terlebih dahulu sejarah internet.

Sejarah Internet
Perkembangan toko online tidak lepas dari perkembangan jaringan komputer, yaitu hubungan antara satu komputer dengan komputer lainnya melalui jaringan telepon. Jaringan komputer pertama kali di uji coba oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yaitu Advanced Research Project Agency pada tahun 1969, mereka menamainya ARPAnet.

Pada tahun 1972, ARPAnet dikembangkan lagi oleh para cendikiawan dari University of California Sanata Barbara ( UCSB ), University of California ( UCLA ), University of Utah, dan Stanford Research Institute ( SRI ). Mereka membuat jaringan komputer yang dapat menghubungkan antar universitas dengan kantor ARPAnet.

Perkembangan dari teknologi membuat munculnya E-Mail ( Electronic Mail ) oleh Roy Tomlinson dengan tanda "@" ( dibaca at ) sebagai simbol dari E-Mail.

Pada tahun 1973 ARPAnet berhasil melakukan perkembangan jaringan komputer, yaitu melakukan koneksi atau menghubungkan komputer ARPAnet dengan jaringan diluar Amerika Serikat. Yaitu pada komputer yang berada di University College, London, Inggris. Lalu, munculah Electronic Data Interchange ( EDI ) yaitu sebuah perangkat yang menjadi standar dalam melakukan pengendalian transfer paket data secara online dengan intranet. Dari sini, muncullah E-Commerce / Toko Online.

Sejarah Toko Online di Indonesia
Toko online di Indonesia dimulai dari disosialisasikan peran, fungsi dan kegunaan internet pada tahun 1994. Pada tahun 2000-an muncul warung internet (warnet) yang mulai bermunculan pada setiap sudut kota. Dengan munculnya warnet ini membuat orang-orang ber-ketergantungan akan menggunakan layangan online yang salah satunya adalah berbelanja barang.

Karna banyaknya kebutuhan masyarakat akan pelajayanan internet, maka muncul Internet Service Provider lokal seperti Telkom, Indosat, dll. Kemudian muncul juga Search Engine lokal seperti Google Indonesia dan Yahoo! Indonesia. Kemudian muncul Ecommerce Service seperti Plasa Indonesia, TelkomNet dan Internet Interactive yang akhirnya akan membuat terciptanya web jual beli online contohnya Bhinneka.com, serta munculnya Internet Banking Service contohnya klikbca.com.