Footprinting

Your Ads Here

   Footprinting adalah sebuah teknik yang bertujuan untuk mengumpulkan segala informasi mengenai target baik berupa website atau komputer sistem. Dengan melakukan footprinting memungkinkan seseorang untuk mengidentifikasi teknologi sebuah website, dan juga informasi tersembunyi.

Who Is
Untuk mengetahui siapa pemilik sebuah website maka kita perlu sebuah tool yang bernama WhoIs. WhoIs adalah fasilitas yang digunakan untuk melihat registrasi sebuah domain yang sudah terdaftar. Fasilitas ini dapat dijumpai di beberapa perusahaan hosting ataupun website yang menyediakan layanan ini secara khusus.

Ada banyak website yang bisa melakukan hal ini, diantaranya :
http://who.is
http://www.speedywhois.com
http://www.internic.net/whois.html
http://www.whoischeck.co.uk

Nah, kali ini saya akan menggunakan who.is.
Yang perlu kamu lakukan hanyalah memasukkan URL website target yang ingin kamu ketahui informasinya pada kolom pencarian. Maka nanti akan muncul data dari website target, lalu scroll kebawah kamu akan menemukan Registrar Data. ( Disini saya menggunakan domain liputan6.com )


Nah, dari Registrar Data tersebut kamu sudah mendapatkan informasi baik berupa pemilik situs itu, alamat, email, dan juga organisasinya. Selain itu, kamu juga dapat melihat kapan domain itu dibuat, kapan domain itu di update dan kapan domain itu expired.

Who Is Hosting
Pada bagian ini, kita akan mencari tahu dimanakan website itu dihosting. Untuk mengetahui dimanakah websitu target di hosting langsung saja kamu klik di http://www.whoishostingthis.com/ pada halaman itu kamu masukkan url website target lalu klik search. Maka akan muncul data-data seperti gambar dibawah ini :


Melacak IP Website
Setiap komputer pasti memiliki IP Address yang berbeda-beda dan unik yang bertujuan untuk berkomunikasi satu dengan lainnya. Sebuah alamat IP terdiri dari 32 bit address yang biasanya diwakilkan dengan 4 nomor antara 0 - 255 dan dipisahkan dengan tanda . (titik). Misalnya 192,168,0,1

Pada web hosting ada 2 tipe alamat IP yaitu IP Shared dan Dedicated IP
  1. IP Shared
    Sesuai dengan namanya, berarti 1 alamat IP dibagi dengan beberapa website lainnya. Biasanya yang menentukan alamat IP adalah webserver.
  2. Dedicated IP
    Biasa disebut dengan IP Statis yang artinya jika kita hanya mengetikkan alamat ipnya saja hasilnya akan sama dengan mengetikkan nama domain. Contohnya 172.217.24.110 Jika kamu mengetikkan alamat ip tersebut dibrowser maka akan secara automatis mengarah ke google.co.id.

    Cara sederhana untuk mengetahui alamat dari suatu website adalah dengan menggunakan perintah ping dalam command prompt. Misalnya : ping google.com


    Selain dengan cara diatas, cara lainnya untuk mengetahui alamat ip sebuah website adalah dengan menggunakan tool ip lookup.
    Caranya klik http://ipaddress.com/ip-lookup/ pada kolom pencarian ketikkan alamat website lalu klik lookup. Maka akan muncul :

    Selain itu, kamu juga bisa mengetahui semua ip address nya. Karna website seperti google menggunakan IP lebih dari 1.
IP Geolocation
Pada bagian ini, kamu bisa mengetahui dimanakah lokasi dari sebuah website hanya melalui IP Address nya saja. Buka http://lookupserver.com/country kamu ketikkan alamat IP nya lalu tekan enter maka akan keluar lokasinya. Khusus untuk wilayah amerika biasanya akan muncul lokasi secara detil baik itu berupa postal kode, ataupun nama kotanya.

Buka http://whatsmyip.org/iplocation untuk mengetahui alamat sebuah ip melalui sebuah peta. Caranya ketikkan alamat ipnya lalu klik show location. Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :



Your Ads Here

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon