Konsep dasar jaringan


   Jaringan komputer adalah hubungan antara dua komputer atau lebih yang terhubung melalui media transmisi kabel. Dua komputer atau lebih dinyatakan terhubung apabila mereka dapat bertukar informasi/data. Sehingga, memungkinkan pengguna yang terhubung ke jaringan komputer dapat bertukar informasi/data baik itu file berupa text, video, gambar, dokumen, dsb.

Jaringan komputer sendiri memiliki beberapa jenis :

  1. Local Area Network
  2. Metropolitan Area Network
  3. Wide Area Network
  4. Personal Area Network
  5. Internet & Instranet
Local Area Network
Local Area Network (LAN) adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung dalam satu area tertentu misalnya sekolah. LAN dapat didefinisikan berdasarkan pada penggunaan alamat IP.  Suatu komputer / host dapat dikatakan dalam satu jaringan LAN bila memiliki alamat IP yang masih dalam satu alamat jaringan.
Local Area Network
Jaringan LAN dapat dibedakan menjadi 2 :

  1. Peer to peer
    Setiap komputer yang terhubung dapat bertindak sebagai client ataupun server.
  2. Client to server
    Jaringan ini hanya satu komputer yang dapat menjadi server dan yang lainnya menjadi client.
Metropolitan Area Network
Metropolitan Area Network (MAN) adalah versi lain dari LAN, bedanya adalah MAN lebih besar daripada LAN. MAN dapat digunakan pada sebuah kota, ataupun kantor-kantor yang jaraknya berdekatan. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat dengan jaringan televisi kabel. 
Metropolitan Area Network

Wide Area Network
Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang sudah menggunakan media wireless, satelit, atau kabel optik. Jangkauan WAN sangat luas meliputi antar kota dalam satu wilayah, dan dapat menjangkau wilayah otoritas negara lain. WAN dapat digunakan untuk menghubungkan LAN dan MAN kedalam komunikasi global seperti Internet.

Personal Area Network
Personal Area Network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer ke perangkat lain. Seperti misalnya dari komputer ke handphone. WAN dapat mencagkup jarak antara 4 hingga 6 meter.

Internet & Intranet
Internet & Intranet adalah sistem komunikasi global yang merupakan gabungan dari LAN, MAN, dan WAN yang menghubungkan komputer dan jaringan komputer diseluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsung maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan alamat unik yang biasa disebut dengan alamat Internet Protocol (IP).