Apa itu Bootloop?


   Apa itu bootloop? Bagi kamu pengguna android pasti pernah mendengar kata ini. Bootloop adalah gejala yang dialami android dimana android tidak bisa melakukan startup sehingga android akan stuck di awal saat pertama kali dinyalakan. Singkatnya, bootloop itu keadaan dimana android kamu gagal startup. Penyebab bootloop beragam, salahsatunya adalah terlalu banyak cache / cache penuh dan juga karena ada aplikasi yang terinstall di android yang eror / mengalami masalah. Selain itu, bootloop juga dapat terjadi karena android sudah di root.

Inilah sebabnya mengapa root butuh nyali, karena kadang android akan dapat mengalami bootloop, selain dapat mengalami bootloop root juga dapat memutuskan auto update. Berikut ini adalah macam-macam jenis bootloop :

  1. Light Bootloop
    Ini adalah bootloop yang termasuk mudah untuk diperbaiki.
  2. Medium Bootloop
    Ini adalah bootloop yang termasuk sulit untuk diperbaiki, ini biasanya terjadi jika kamu merubah settingan default android.
  3. Hard Bootloop
    Ini adalah bootloop yang paling berbahaya, ini biasanya terjadi jika kamu melakukan modifikasi smartphone seperti Rooting, Mengganti ROM. Jika kamu mendapatkan masalah hard bootloop satu-satunya cara mungkin hanya buang dan beli yang baru.
Bagaimana cara mengatasinya?

Salah satunya caranya adalah dengan menggunakan fitur yang ada di android yaitu factory reset. Fitur ini terletak pada Setting > Privacy > Factory Reset. Jangan lupa untuk melakukan factory reset menggunakan recovery mode, ini dimaksudkan untuk memperbaiki kerusakan software pada android.
Tapi sayangnya tidak semua android mempunya fitur ini, oleh sebab itu kamu dapat menggunakan pihak ketiga yaitu menggunakan ClockwordMod atau xRecovery.

Bagaimana jika android sudah mati total?

Kamu bisa factory reset menggunakan recovery mode, yaitu dengan menekan tombol vol up / down + tombol power secara bebarengan. Lalu masuk ke recovery mode dan pilih Wipe data / Factory reset.
Jika kamu tidak ingin melakukan hal yang ribet seperti diatas, kamu dapat membawa smartphone kamu ke counter handphone terdekat.

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon