Cabut flashdisk tanpa di eject, berbahaya?


   Pertanyaan yang sering muncul dibenak kita yaitu, apakah berbahaya jika mencabut flashdisk tanpa di eject? Bagi pengguna windows, khususnya windows 2000/XP jika menghubungkan FD ke komputer pasti akan ditanyakan " Format NTFS or FAT " Nah, apa itu NTFS? apa itu FAT?. Dan rata-rata pengguna windows akan memilih NTFS, lalu apa bedanya dengan FAT?

Pada OS windows XP terdapat 3 file system :

  1. FAT 16 ( File Allocation Table 16 )
  2. FAT 32 ( File Allocation Table 32 )
  3. NTFS ( NT File System )
Berikut akan dijelaskan apa sih perbedaan antara FAT32 dengan NTFS.
  1. Kecepatan akses, NTFS dapat mengakses file dengan cepat karena NTFS menyimpan atribut data dalam MFT, namun jika terfragmentasi menjadi banyak bagian, maka perpindahan head dari disk akan memperlambat pengaksesan. Pada FAT32, proses pengaksesan file akan jauh lebih lambat jika file terfregmentasi dan bagian-bagiannya tersebar berjauhan dalam disk. 
  2. Ukuran Partisi dan banyak file. Baik NTFS maupun FAT32 mempunyai ukuran maksimum partisi sebesar 2 terabytes. NTFS memiliki ukuran maksimum tidak terbatas. Sedangkan FAT32 terbatas hingga 4GB. 
  3.  Keamanan dat. NTFS memiliki built in security, yang memungkinkan untuk mengatur perizinan dari masing-masing file maupun direktori. Dan ini tidak dimiliki FAT32.
  4. Daya tahan, NTFS menggunakan standard transaction logging, sehingga pemulihan terhadap kesalahan yang tidak diinginkan dapat dilakukan dengan mudah. Sedangkan FAT32 tidak memilikinya.
  5. Efisiensi penggunaan ruang disk. NTFS lebih hemat daripada FAT32.
  6. Kecocokan dengan system file lain. NTFS tidak dapat membaca partisi FAT32. Sedangkan FAT32 bisa membaca semua partisi baik FAT32 maupun NTFS. 
Berikut ini adalah penjelasan dari filesystem yang dimiliki microsoft hingga saat ini :
  1. FAT 16 (File Allocation Table 16)
    Sebenarnya sebelum FAT16, telebih dahulu sistem file di MS-DOS FAT12, tapi karena banyak kekurangan makanya muncul FAT16, FAT16 sendiri sudah dikenalkan oleh MS-DOS pada tahun 1981. Awalnya, sistem ini didesain umtuk mengatur file di floppy disk, dan sudah mengalami beberapa kali perubahan, sehingga digunakan untuk mengatur file harddisk. Keuntungan FAT16 adalah kompatibel hampir di semua sistem operasi, baik Windows 95/98/ME, OS/2, Linux dan bahkan Unix. Namun dibalik itu semua masalah paling besar dari FAT16 adalah mempunyai kapasitas tetap jumlah cluster dalam partisi, jadi semakin besar harddisk, maka ukuran cluster akan semakin besar. selain itu kekurangan FAT16 salah satunya tidak mendukung kompresi, enkripsi dan kontrol akses dalam partisi
  2. FAT 32 ( File Allocation Table 32 )
    FAT32 mulai di kenal pada sistim Windows 95 SP2, dan merupakan pengembangan lebih dari FAT16. FAT32 menawarkan kemampuan menampung jumlat cluster yang lebih besar dalam partisi. Selain itu juga mengembangkan kemampuan harddisk menjadi lebih baik dibanding FAT16. Namun FAT32 memiliki kelemahan yang tidak di miliki FAT16 yaitu terbatasnya Operating System yang bisa mengenal FAT32. Tidak seperti FAT16 yang bisa di kenal oleh hampir semua system operasi, namun itu bukan masalah apabila anda menjalankan FAT32 di Windows XP karena Windows XP tidak peduli file sistim apa yang di gunakan pada partisi.
  3. NTFS ( NT File System )
    NTFS di kenalkan pertama pada Windows NT dan merupakan file system yang benar benar berbeda di banding teknologi FAT. NTFS menawarkan security yang jauh lebih baik, kompresi file, cluster dan bahkan support enkripsi data. NTFS merupakan file system standar untuk Windows Xp dan apabila anda melakukan upgrade Windows biasa anda akan di tanyakan apakah ingin mengupgrade ke NTFS atau tetap menggunakan FAT. Namun jika anda sudah melakukan upgrade pada Windows Xp dan tidak melakukan perubahan NTFS itu bukan masalah karena anda bisa mengkonversinya ke NTFS kapanpun. Namun ingat bahwa apabila anda sudah menggunakan NTFS akan muncul masalah jika ingin downgrade ke FAT tanpa kehilangan data.
Jadi, berdasarkan penjelasan diatas, apa hubungannya sama flashdisk yang di cabut tanpa di eject terlebih dahulu?
Jika kamu terlalu sering mencabut flashdisk tanpa di eject, maka filesystem yang semula FAT32 / NTFS akan berubah menjadi RAW. Alhasil flashdisk kamu tidak akan terbaca dan akan dimintain format flashdisk oleh windows.

Tapi tenang, jika flashdisk kamu mengalami kerusakan seperti itu, disini ada solusinya. Yaitu menggunakan salah satu software dibawah ini :

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon