Zeus Banking Trojan

Your Ads Here

   Trojan adalah salah satu jenis virus yang berbahaya. Zeus Banking Trojan adalah virus berbahaya berjenis Trojan Horse dimana memiliki tujuan kriminal khususnya untuk mencuri identitas perbankan kamu. Virus jenis ini biasa disebut ZeuS atau Zbot. Salah satu gejala jika PC/Smartphone kamu terserah virus jenis ini adalah saat kamu melakukan transaksi melalui Internet Banking tiba-tiba saldo berkurang tanpa ada alasan yang jelas.



Malware jenis ini pertama kali ditemukan pada juli 2007, saat sedang mencuri informasi perbankan dari United States Department of Transportation. ZeuS diciptakan oleh orang yang bekebangsaan Russia yang tidak diketahui identitasnya. DiIndonesia, virus ini sempat booming pada tahun 2015 yang korbannya adalah para pengguna BCA. Selengkapnya baca disini.

ZeuS merupakan salahsatu malware yang sangat sulit untuk dilumpuhkan, karena malware jenis ini menggunakan Algoritma mutakhir yang dapat mengelabui Anti-Virus. Berikut adalah, hal-hal yang perlu kamu :

  1. Penyebarannya melalui file mencurigakan yang terlampir pada email atau disitus-situs download yang tidak jelas.
  2. Pada saat seseorang mengeksekusi file tersebut, ZeuS akan tinggal di Sistem Operasi dan akan memonitoring aktivitas korban secara diam-diam.
  3. Malware ini akan mengupload file sensitif korban ke server induknya.
  4. Jika korban melakukan aktivitas Internet Banking, maka ZeuS akan mengelabuinya dengan sistem DNS Poisoning.
  5. ZeuS memiliki database ratusan domain Internet Banking diseluruh dunia.
  6. Jangan percaya, jika kamu mendapatkan email yang berisi lampiran yang mencurigakan. Jangan pernah klik lampiran tersebut.
  7. Jangan men-download file yang mencurigakan.
  8. Pastikan antivirus kamu selalui up-do-date.
  9. Scan secara berkala PC/Smartphone kamu dengan antivirus yang sudah terupdate.

Your Ads Here

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon