Windows 95 sekarang bisa dijalankan melalui web browser

Your Ads Here
   Jika kamu orang yang lahir di tahun 2001, mungkin kamu belum tahu banyak tentang Windows 95, Sekarang kamu sangat beruntung, karena bisa melihat Windows 95 ditahun 2016. Dengan bermodal internet dan web browser favorit kamu, kamu sudah bisa menjalankan Windows 95. Meskipun windows 95 terlihat biasa-biasa saja atau bahkan terlihat kuno, tapi di tahun 2016 kamu bisa menjalankan Windows 95 adalah hal yang luar biasa.

Dulu, jika ingin menghidupkan Windows 95, maka yang keluar adalah layar abu-abu, lalu berubah hijau dan pengguna akan diberikan sebuah notice. Tapi, sekarang versi web browser, kamu tidak akan menemukan layar abu-abu itu lagi, namun sebuah blank hitam yang berarti loading. Saya sudah mencobanya dan butuh sekitar 5 menit baru keluar tampilan windows 95.

Dikembangkan oleh seorang developer berusia 19 tahun yang berasal dari Scotlandia, Andrea Faulds, sekarang Windows 95 dapat dijalankan di web browser. Berkat emscripten, sebuah emulator yang mengkompilasi dari C++ ke javascript sehingga windows 95 dapat dijalankan di web browser.

Sementara itu, microsoft sudah tidak memperjual belikan lagi produk windows 95, bahkan untuk lisensinya sekalipun (Dihapus sejak 31 Desember 2001). Oleh karena itu, bukan hal yang tidak mungkin jika ini akan melanggar hak cipta, karena masih banyak yang dilindungi undang-undang.

Biarpun ilegal, tapi ini adalah suatu yang bagus untuk bernostalgia setelah 15 tahun tidak melihat windows 95 lagi.

Jika kamu ingin mencobanya, silahkan buka di web browser kamu link ini win95.ajf.me.

Your Ads Here

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon