Tips aman bermain di Internet

Your Ads Here

   Dunia Internet, adalah dunia yang luas. Didalamnya terdapat dunia yang aman untuk anak dibawah umur dan juga yang tidak aman seperti Deep Web. Lalu, bagaimana cara agar dapat bermain / menyelam di internet dengan aman? Berikut adalah tips nya :


  1. Sesuatu yang kamu post di internet tidak bertahan sementara.
    Maksudnya adalah misalnya kamu memposting artikel diinternet, artikel tersebut tidak bertahan sementara tapi selamanya akan berada di internet. Meskipun sudah dihapus akan tetap saja dapat diambil dengan mudah.
  2. Buat foto profil sosial media dapat dilihat teman saja.
    Seperti yang sudah dikatakan tadi, bahwa dunia internet luas yang berarti semua orang bisa melihat foto profil kamu. Atur privasi kamu sedemikian rupa agar foto kamu tidak dapat dilihat oleh publik.
  3. Jaga password, dan ganti password secara berkala.
    Buat password yang aman dan jaga dengan baik-baik. Bahkan teman baik, pacar, gebetan, atau orang terdekat kamu tidak boleh tahu password pribadi kamu. Jika kamu menggunakan komputer sekolah, pastikan sebelum meninggalkan komputer kamu harus meng-clear browsing agar aman.
  4. Jangan menanggapi permintaan pertemanan yang tidak dikenal.
    Kamu harus pilih-pilih jika ingin menerima permintaan teman, dan jangan terima orang asing yang tidak kamu kenal. 
  5. Jangan posting komentar ofensif.
    Jangan mengomentari postingan orang lain di sosial media dengan perkataan yang menyinggung. Karena itu bisa membahayakan kamu. Bisa saja jika orang yang kamu singgung tidak terima, ia bisa melaporkan kamu ke pihak berwajib.
  6. Belajar tentang Hak Cipta.
    Hati-hati dalam men-download. Seperti men-download file, musik, video, software dll. Karna bisa saja yang kamu download itu mengandung hak cipta. Apa salahnya jika kamu menonton video secara live streaming, atau mendengarkan musik secara real time di internet?
Itu lah beberapa tips yang dapat kamu gunakan saat menggunakan internet, poin terpenting adalah bagian sosial media.
Your Ads Here

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon