Kenapa ada website berawalan www?


   Hi! Ini adalah postingan pertama. Dan postingan kali ini mungkin lebih mengarah ke www vs bukan www. Tapi, jika diperhatikan banyak sekali website yang tidak menggunakan www. Google, lebih suka jika website tidak menggunakan www, kenapa? karna itu lebih simpel.

Jadi gini, " www " adalah subdomain, Jadi, ( www.google.com ) adalah subdomain, singkatnya sih domain aslinya ya " google.com ". Namun, dengan konvensi, dan untuk menghindari kebingungan, subdomain "www.google.com" diatur untuk membawa kamu ke tempat yang sama seperti domain yang sebenarnya "google.com".

Kebetulan, ini juga kenapa ga pernah ada "www" di alamat email kamu: yaitu kamu bisa punya email "[email protected]" tapi ga bisa email "[email protected]" (pada kenyataannya, admin bisa mengatur alamat email dengan www. subdomain jika mereka mau, tapi itu akan menjadi sedikit aneh).

Jika dilihat lebih detil, " www.google.com " itu ga jauh beda dengan " maps.google.com " atau " images.google.com ", ya jadi, www itu sama seperti halnya bangunan. Ibarat bangun itu adalah " google.com " jadi " www " adalah halaman kompleks lalu " maps " adalah halaman tengah dan " images " adalah halaman belakang. Well, intinya www itu seperti tanda.

Ini adalah cara yang bagus, karna ini bisa mengindari kita dari kebingungan. Misalnya, kita ingin mencari maps di google. Kita ga perlu masuk ke " google.com " dan mencari dimana maps. Kita hanya tinggal mengetikkan " maps.google.com ". Ini adalah cara singkat menuju maps google.

Sebuah kesalahan yang lebih umum yang mungkin sering kamu lihat adalah bahwa admin web lupa bahwa "www." domain secara teknis berbeda dari domain utama, dan lupa untuk mengatur sesi login . Ini berarti jika kamu login di " example.com ", lalu pergi ke " www.example.com " sistem ga akan tau kalo kamu lagi login. Ibaratnya, kamu masuk kantor lewat pintu gerbang " example.com " dan penjaganya mengenali kamu, lalu kamu keluar dan masuk lewat pintu lain " www.example.com " tapi tidak bisa masuk, karena penjaganya keamanannya bilang kalo kamu udah ga berlaku lagi lewat " www.example.com". Untuk memperbaiki ini, admin web harus secara khusus menginstruksikan situs yang "melewati keamanan domain utama dan melewati keamanan www subdomain yang dipertukarkan".

Tapi, kita juga sering lihat website dengan menggunakan " www2 " bukan " www ". Sebenarnya, website tersebut sedang direnovasi disubdomain " www " lalu para pengunjung dialihkan ke " www2 ". Pada dasarnya subdomain " www " berisi situs utama.

"Http:" bagian di sisi lain selalu ada, apakah itu "http://google.com" atau "http://www.google.com". Bagian yang memberitahu browser kamu apa jenis koneksi untuk membuat ke situs web. HTTP adalah "bahasa" yang digunakan browser kamu untuk berkomunikasi dengan server untuk meminta website. Beberapa hari terakhir, kamu akan sering melihat "https:" bukan "http:"; HTTPS adalah versi aman dari HTTP. Ketika browser kamu mengakses sebuah "https:" situs, browser kamu akan ke set up koneksi terenkripsi dengan server, yang sangat bermanfaat untuk melindungi data kamu dari orang-orang yang sedang memantau ( biasanya hacker ). Biasanya yang dipantau itu jika kamu melakukan jual beli dengan kartu kredit.

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon