Inilah yang akan terjadi pada file atau foto yang sudah di hapus

Your Ads Here

   File dalam bahasa inggris adalah sebuah berkas yang berisi data-data yang biasanya berupa tulisan yang tertulis pada kertas. Untuk komputer, file adalah berupa berkas yang berisi data - data tapi bukan dalam bentuk tulisan fisik, melainkan data yang direkam oleh muatan-muatan listrik ( ribet ya ). Singkatnya sih file pada komputer itu semacam berkas tapi bukan dalam bentuk fisik.

File biasanya berupa dokumen, foto, video, dll. Tapi, apakah kamu pernah menghapus mereka? Misalnya, kamu foto selfie ratusan kali. Dan kamu hanya mengambil 1 foto dan sisanya kamu hapus. Lalu, foto selfie yang kamu hapus itu pergi kemana? Biasanya, jika menghapus file pada komputer biasanya file tersebut akan disimpan di " tong sampah " yang biasa disebut Recycle Bin. Dari " tong sampah " tersebut, kita dapat memutuskan apakah file tersebut akan dihapus secara permanen atau mengembalikannya.



Tapi, faktanya jika kamu memilih menghapusnya secara permanen file tersebut tidak benar-benar terhapus. File tersebut masih akan kita temui di harddrive. Ini adalah cara yang digunakan oleh software recovery, dimana software tersebut akan mengambil file yang hilang dari harddrive. Lalu, yang kita hapus itu apa? Sebetulnya, file yang kamu hapus itu adalah pointernya saja. Pointer adalah penunjuk untuk mengarah ke file. Seperti sebuah buku, dimana didalam buku ada daftar isi. Nah, pointer itu adalah daftar isi, jadi yang kita hapus hanyalah daftar isinya saja namun isinya masih ada.

Dengan begini, file yang sudah kita hapus masih bisa kita ambil kembali dengan software recovery. Tapi, biasanya file yang di recovery itu corrupt. Karena kita telah meminta komputer untuk overwrite atau menimpa data. Tak jarang, jika kita me-recovery foto maka hasil foto yang kita ambil akan rusak atau hasilnya tidak seperti semula.

Ini adalah alasan, kenapa kamu tidak boleh membuang harddrive kamu jika sudah tidak digunakan. Karena nanti akan dicuri data kamu oleh para pencuri. Ada banyak perusahaan yang datanya dicuri karena telah membuang harddrive mereka, contohnya CIA, TSA, Homeland Security, dan Defense Intelligence Agency.
Your Ads Here

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon