Cara mencegah virus masuk ke PC

Your Ads Here

   Virus, program buatan manusia yang sangat menyebalkan. Dimana virus dapat merusak file, me-clone file bahkan dapat mengambil identitas korbannya. Tenang saja, untuk mencegah virus masuk PC disini saya punya beberapa tips yang mungkin sangat berguna agar virus tidak dapat masuk ke PC/Laptop kamu.

  1. Pasang Anti-Virus
    Ini merupakan hal umum yang biasanya dipasang setelah install OS. Pasang Anti-Virus yang ter-up-to-date. Jumlah virus komputer didunia ini sudah ribuan, jika Anti-Virus mu tidak update maka tidak menutup kemungkinan PC/Laptop kamu akan terinfeksi meskipun sudah menginstall Anti-Virus. Juga, sering-sering scan PC kamu secara berkala.
  2. Hati-hati pada FlashDisk
    Ini adalah cara virus warnet menyebar ke pc kamu. Ya, melalui flashdisk. Virus dapat masuk ketika kamu melakukan doable klik / klik dua kali pada folder yang ada di flashdisk. Disarankan jika kamu ingin memasuki folder pada flashdisk gunakan windows explorer / menu yang ada disebelah kiri.
  3. Aktifkan firewall
    Mungkin ini wajib ya, karna kita tidak akan pernah tahu ada virus masuk melalui internet atau tidak. Jika kamu mengaktifkan firewall, kemungkinan virus masuk melalui internet akan berkurang.
  4. Hapus data asing
    Jika kamu menemukan data yang aneh, tulisannya aneh, tidak jelas segera hapus! Kemungkinan itu adalah virus.
  5. Gunakan unility pembersih
    Gunakan unility pembersih misalnya Auslogisc. Ini dimaksudkan agar file-file sampah dapat dibersihkan dengan mudah.
  6. Jangan biarkan USB tercolok terlalu lama
    Ini adalah hal umum USB tercolok dari mulai windows startup hingga shutdown. Sepertinya kebiasaan itu harus dijauhi, karena dapat membuat virus masuk.
  7. Gunakan fitur send
    Jika kamu ingin memindahkan file dari komputer ke Flashdisk, sebaiknya gunakan fitur send. Jangan copy file dan di paste di folder flashdisk karena akan membuat virus masuk. Cara menggunakan fitur send adalah klik kanan pada file lalu pilih send to dan pilih nama usb kamu.
  8. Hapus registry
    Hapus registry yang tidak jelas atau sudah tidak diperlukan.
Semoga membantu!
Your Ads Here

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon