Bahaya virus Ransomware

Your Ads Here

   Ransomware adalah virus yang paling berbahaya, melebihi virus ZeuS. Dimana virus jenis ini tergolong malware yang dapat mengunci PC/Smartphone kamu. Dan kamu akan dimintai tagihan berupa uang yang harus ditransfer agar PC/Smartphone kamu dapat digunakan kembali.

Virus ini diciptakan oleh hacker berkebangsaan rusia yang tidak diketahui identitasnya. Bahkan, atas kehebatan hacker tadi, dapat memukul keras internet dan para antivirus pada tahun 2013. Malware ini menggunakan metode penyebaran, dimana ransom dapat menyapu bersih ribuan komputer perharinya, dengan menyebar melalui botnet, dan menginfeksi pengguna lain melalui link phising atau lampiran di email.

Tidak seperti malware biasanya yang mana metodenya akan memasang keylogger, backdoor, atau trojan pada komputer. Hacker akan menunggu dan berharap sesuatu data pengguna sensitif yang terupload, seperti kartu kredit atau informasi penting lainnya yang bisa segera di gunakan atau di jual, Cryptolocker datang memberikan sebuah arti kejahatan yang sederhana

Kenapa virus ini tergolong sangat berbahaya? Karna, ketika PC/Smartphone kamu terinfeksi, kamu tidak dapat membuka PC/Smartphone kamu dan kamu akan dimintai tagihan dan diberiwaktu 24 jam atau data kamu akan dihapus secara permanen oleh hacker.Tak tanggung-tanggung, tagihan yang diminta itu biasanya antara $25 - $600. Dengan tagihan sebegitu banyaknya, cukup untuk membuat kepala pening-pening ya. Meskipun kamu sudah install ulang sistem operasi kamu ataupun flashing BIOS virus tersebut akan tetap hidup. Untuk smartphone yang terinfeksi, tidak perlu terlalu khawatir karena kebanyakan smartphone sudah menggunakan sistem backup cloud.

Para pengembang antivirus populer (ex : Avast, AVG, Bitdefender dsb) sudah mengembangkan cara ampun untuk membunuh malware yang satu ini. Dengan sistem baru yaitu antivirus yang dipasang di USB Flashdisk. Metodenya adalah dengan cara scanning ransom melalui boot sistem operasi, dan antivirus akan mencoba membersihkan ransom.

Beberapa tips yang dapat kamu lakukan :

  1. Selalu hati-hati jika ingin mengunjungi sebuah link. Karna bisa saja link yang kamu kunjungi itu adalah phising.
  2. Selalu hati-hati jika ingin membuka sebuah lampiran di email. Bisa saja terjadi jika itu adalah sebuah virus.
  3. Jangan panik.
  4. Jangan langsung putus asa.
  5. Jangan asal download dari situs yang tidak jelas asal-usulnya.
  6. Backup semua data kamu.
Your Ads Here

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon