Bagaimana cara google menemukan sebuah web?


   Mesin pencarian raksasa seperti google sebenarnya tidak mengelola semua web, google hanya mengelola 16% website dan sisanya adalah deep web. Google punya 2 fungsi utama yaitu crawling & building an index, dan memberikan jawaban dari setiap pertanyaan dengan cara menghitung relavansi. Seperti sebuah kereta bawah tanah yang berada disuatu kota besar, setiap pemberentian kereta tersebut kita anggap saja sebagai dokumen ( Bisa file images atau pdf). Nah, cara kerja mesin pencarian seperti kereta bawah tanah tadi, untuk menuju keseluruh penjuru kota, kereta tadi harus berhenti disetiap stasiun / pemberintian.

Mesin pencarian biasanya juga punya robot otomatis, dimana robot tersebut berfungsi sebagai penghubung. Jadi, misalnya robot tersebut menemukan gambar, maka tugas robot itu adalah menemukan halaman / url untuk gambar tersebut. setelah mesin tadi menemukan gambar, gambar tadi akan disimpan disebuah HDD yang sangat besar kapasitasnya, dan akan ditampilkan jika sewaktu-waktu ada orang yang ingin mencari gambar tersebut.

Itu tadi adalah tentang mesin pencarian, lalu bagaimana cara kerja google menemukan web?
Disini ada beberapa cara yaitu :

Domain Discovery
  1. Google DNS
    Hampir setiap orang menggunakan google dns, karna memang google dns ini sangat populer. DNS log sangat berguna untuk menemukan sebuah website.
  2. Domain Registars
Web Page Discovery
  1. Search engine mulai dari beberapa tempat yang populer, dan secara berulang kali mengikuti link yang diklik oleh pengguna. untuk sebuah website baru, mungkin tidak langsung akan ada digoogle, kecuali jika ada banyak orang yang mencari web tersebut, maka google akan secara otomatis meng-indexnya.
  2. Google Toolbar
    Setiap kali pengguna mengunjungi sebuah laman dan melakukan pencarian, maka browser yang pengguna gunakan akan mencatatnya. Sehingga, semakin sering pengguna me-klik suatu laman maka semakin cepat laman tersebut ter-index di google.
  3. Partners
    Twiter dan facebook misalnya, jika kamu memposting sebuah tweets atau status facebook, maka google akan dengan cepat me-indexnya. Misalnya, kamu membuat status " Rafi Ganteng" lalu kamu search digoogle, maka akan muncul sebuah judul yang mengarah ke status facebook kamu.

0 Comments

Silahkan bebas berkomentar disini. Jangan nyepam link aktif, dan harap gunakan kata yang sopan.
EmoticonEmoticon